Latihan Kardio, Inilah Cara Memulai Kardio Dengan Baik

Cara Mudah Untuk Memulai Latihan KardioLatihan Kardio (kardiovaskular) adalah salah satu cara mudah untuk memberikan kebugaran pada tubuh. Latihan Kardio juga di kenal dengan nama Latihan Aerobik. Untuk melakukannya pun tidak mahal. Latihan Kardio ini sangat bagus untuk kesehatan jantung. Latihan Kardio pun bermacam-macam, seperti senam, jogging, lari, renang dan bersepeda. Manfaatnya yang paling terasa saat melakukan Latihan Kardio ini adalah meningkatkan pembakaran lemak dalam proses penurunan berat badan, selain itu juga bisa membentuk perut Six Pack dan mengatasi perut buncit. Tentunya untuk memulai latihan Kardio secara rutin kita harus tahu bagaimna cara memulai lathan Kardio ini, berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk di perhatikan sebelu memulai latihan Kardio:

1. Mulai latihan
Perjalanan dari yang tidak biasa berolahraga hingga menciptakan rutinitas olahraga, bisa amat sangat melelahkan. Salah satu cara terbaik untuk mulai berolahraga adalah dengan berlatih kardio. Latihan kardio merupakan kegiatan fisik yang membuat jantung berdetak lebih kencang, membuat tubuh berkeringat, membuat pergelangan pada tubuh bergerak, sekaligus melatih sistem kardiovaskuler. Untuk memulainya, cobalah untuk menuliskan apa saja aktivitas olahraga yang Anda sukai dan ingin coba lakukan.

2. Pilih yang terfavorit
Perhatikan aktivitas-aktivitas yang Anda tulis dan coba rencanakan kegiatan olahraga yang ingin Anda coba. Kunci untuk menciptakan latihan kardio yang rutin adalah dengan memilih aktivitas yang disukai. Jika Anda tak menyukai suatu latihan, seperti berlari, Anda akan cenderung meninggalkannya, bahkan tak dimulai sama sekali. Ketika dalam keadaan ragu, berjalan kaki adalah cara termudah dan termurah untuk mulai membiasakan diri berolahraga.

Mulailah dengan berjalan kaki setidaknya 15 menit per hari di minggu pertama, 20 menit di minggu kedua, dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa dengan beraktivitas 30 menit 5 hari per minggu, bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit, kurangnya kesehatan, dan obesitas.

3. Buat jadwalnya
Seharusnya, setiap orang bisa menyisihkan waktu untuk kegiatan fisik, namun yang terpenting adalah membuat jadwal dan menjadikannya hal yang rutin. Berjuanglah untuk membuat "janji" berlatih selama seminggu, bahkan jika Anda hanya memiliki waktu 10 menit saja pun, sudah cukup. Studi menunjukkan, bahwa efek akumulatif dari latihan kardio bisa amat bermanfaat bagi kesehatan. Selama latihannya meningkatkan detak jantung dan menantang gerak tubuh secara efektif. Ini berarti, meski Anda hanya memiliki 10 menit untuk berlatih di pagi hari, cobalah untuk berkeringat di pagi hari itu.

4. Variasikan
Cross-training terbukti bisa membantu latihan olahraga tidak mencapai plateau (stagnasi), sekaligus mencegah kebosanan. Cobalah untuk melakukan latihan yang berbeda dan Anda ingin coba, dan rotasikan. Misal, hari Senin mengendarai sepeda, hari Selasa berenang, hari Rabu menari, hari berikutnya joging, dan sebagainya. Ada banyak latihan kardio yang bisa Anda coba untuk membantu Anda tetap bergerak tanpa bosan.

5. Setiap gerakan berpengaruh
Berjuanglah untuk mencari cara agar bisa melatih kardio Anda. Entah itu dengan berjalan kaki menuju kantor, membeli sepeda agar bisa ke warung dengan sepeda di sore hari, atau naik-turun tangga di rumah atau kantor. Apa pun itu, upayakan untuk tetap beraktivitas dan bergerak. Karena semua gerakan ini akan memengaruhi kesehatan Anda di masa depan.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memulai latihan kardio. Tubuh Sehat, BUgar dan atletis dan bisa membentuk Body Six Pack. Tips untuk memulai latihan kardio Semoga bermanfaat untuk kita semua. (Blogger News)

2 komentar:

  1. Uah, elok mah males olah raga T.T

    BalasHapus
  2. bodyku six pocket
    punya 6 kantong malahan..

    yang penting kalo kesini bilang i love u

    BalasHapus