Google Buka Toko Online, Jaring Bisnis Melebar

SAN FRANSISCO – Google kembali melebarkan sayap-sayap bisnisnya. Kali ini Google sayang yang dikembangkan Google adalah Toko Online. Tepatnya dipekan ini Google resmi meluncurkan Google Apps Marketplace, sebuah toko aplikasi online untuk para pengembang pihak ketiga. Toko online ini nantinya akan menjadi suplemen aplikasi online milik Google.

Ada 50 pengembang aplikasi yang turut berpartisipasi dalam toko online ini. Google Apps Marketplace difokuskan kepada pengguna Gmail dan Google Docs untuk membeli fitur add-ons di layanan mereka.

“Apa yang kami lakukan adalah menyediakan marketplace bisnis bagi para pengguna aplikasi Google. Kami ingin membantu pengguna mendapatkan lebih banyak aplikasi dari para pengembang pihak ketiga,” kata Senior Product Manager Google Chris Vander Mey.

Google Buka Toko Online, Jaring Bisnis Melebar

Dilansir Info World, Rabu (10/3/2010), pengguna bisa me-link ke aplikasi melalui UI dalam aplikasi Google. Layanan ini menawarkan keuntungan seperti single sign on dan berbagi data antara Google Apps dan aplikasi pengembang aplikasi pihak ketiga.

“Aplikasi yang dibeli secara otomatis akan terintegrasi dengan domain Anda,” terang Vander.

Aplikasi tersebut dapat diinstal dalam domain melalui proses empat klik. Google Apps Marketplace dapat dibandingkan seperti App Store Apple yang menyediakan aplikasi iPhone.

Google berharap, toko ini menjadi lahan baru bagi pengembang pihak ketiga dalam memasarkan aplikasinya. Meski demikian, Google enggan menyebutkan berapa bagi hasil yang akan diberikan. (Sumber Okezone – Techno)

1 komentar: