Tolak Q Film Festival

Q Film Festival

Tolak Q Film Festival, anda tahu bukan apa itu Q Film Festival? Sebuah film tentang hubungan sex gay dan lesbian atau homoseksual dan transeksual. Mengapa terjadi penolakan terhadapat Q Film Festival ini? Tak lain dan tak bukan karena Q Film Festival itu bertentangan dengan norma agama, adat, dan negara. Aksi penolakan terhadap festival tersebut hari ini dilakukan oleh massa Front Pembela Islam (FPI) di empat pusat kebudayaan negara asing yang berencana memutar film tentang hubungan sex gay dan lesbian. Setelah didatangi massa Front Pembela Islam (FPI) di beberapa tempat penyelenggaraan Q Film Festival, panitia enggan banyak berkomentar.

Pembatalan pemutaran salah satunya dilakukan di Centre Cultural Francais (CCF) Jakarta, yang sedianya menjadwalkan pemutaran pada Selasa siang tadi. "Yang membatalkan bukan CCF tapi dari Q Film Festivalnya," kata Atika Suri Fanani, media relations CCF Salemba kepada wartawan, Selasa (28/09/2010). Atika mengatakan, CCF sebagai salah satu tempat pemutaran film Q Festival mengatakan, telah mendapat pemberitahuan dari panitia bahwa pemutaran termin pertama pada pukul 14.30 batal ditayangkan. "Kita masih tunggu kabar dari Jhon Badalu, direktur Q Film Festival untuk pukul 20.00, apakah batal tayang atau tidak," kata Atika.

Selain CCF, lanjut Atika, ada beberapa tempat lainnya yang batal menayangkan film. "Setahu saya untuk pemutaran jam pertama selain CCF, Japan Foundation dan Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM) juga batal," katanya. Sementara itu, lewat akun Twitter Q Film Festival, pihak penyelenggara sempat memberikan pengumumannya. "Semua acara akan diusahakan berlangsung sesuai jadwal, semua perubahan akan di-update melalui Twitter kami. Stay tuned!"

FPI sendiri sebelum mendatangi Goethe Institute, terlebih dahulu mendatangi CCF Salemba pada pukul 10.30 WIB. Menurut Atika, lima orang perwakilan FPI datang memberikan surat peringatan yang sebenarnya ditujukan untuk panitia Q Film Festival. "Isinya ya mereka tidak suka dengan festival film ini," kata Atika. Seperti diberitakan, FPI mengelar aksi di depan gedung Goethe Institute. Pengunjuk rasa menuntut pusat kebudayaan membatalkan pemutaran film bertema gay dalam Q Film Festival yang akan menampilkan 150 film dari 20 negara. Tolak Q Film Festival....!!!, Batalkan Q Film Festival...!!!, begiu seruan dari FPI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar