Tolak Internet Sensorship, Grub Facebook

Tolak Internet Sensorship

Tolak Internet Sensorship, itulah nama grub di Facebook yang lahir karena ramainya pemblokiran konten dewasa di Indnoesia, sebenarnya bukan itu alasan berdirinya grub Tolak Internet Sensorship, salah satunya adalah terkait pemblokiran yang mengakibatkan situs-situs yang tidak mengadung unsur fornografi ikut juga di blokir. Selain grub di FB, Tolak Internet Sensorship ini juga mempunyai milis di google (http://groups.google.com/group/id-blokir/about) juga akin Twitter (http://twitter.com/idblokir).

Kalau dilihat dari wall grub Tolak Internet Sensorship itu kebanyakan kecewa dengan kinerja, salah satu member mengutip kata Onno W.Purbo: Setelah saya cek software yang digunakan Kominfo ternyata Squidguard, walau dinamakan Trustpositif. Ini lumayan berbahaya karena software ini tidak efisien untuk memblokir situs pada jaringan ISP yang trafficnya tinggi. Bisa-bisa server akan hang dan internet tak hanya lambat tetapi akan tewas.

Beberapa kalangan diketahui tampak setuju terhadap munculnya grup ini, seperti yang dikemukakan blogger Enda Nasution. "Penggunaan Internet berada di Ruang Private seseorang, Pemerintah tidak punya hak dan tidak boleh mengaturnya, gabung di Tolak Internet Sensorship sekarang juga!," tulisnya.

Pendapat senada turut dilontarkan oleh akun Facebook Ictwatch. "kalo ndak suka dgn sensorship, salah satu solusinya adalah pake gerakan Internet Sehat (yang versi rakyat yaa, established since 2002). infonya ada di http://internetsehat.org/. ayo tunggu apalagi? :)," ujarnya.

Beberapa blogger dan publiser pun mengeluh karena ads yang ditampilkan di web/blog nya tidak tampil. Saya perhatikan di milis daan grub FB Tolak Internet Sensorship membernya semakin banyak. Bermacam komentar di lontarkan. Saya harap pak tif lebih bijak dan profesional lagi. Bagaimana pendapat anda? Silakan berbeda pendapat do kolom komentar:)

2 komentar:

  1. Kok pake sensor ya... tergantung orgnya, kalo dia positif pasti bisa menjaga apa yang baek, ya gak boss..

    BalasHapus
  2. sedih amat bangsa ini...., kenapa semua pada diblok ya.... kaya masih jaman penjajahan aja.
    kapan mo majunya indonesia...

    gk semua situs yg diblok itu mengandung unsur negatif, banyak kok yg berdampak positif buat kita semua

    BalasHapus