Profil Anas Urbaningrum, Calon Ketua Umum Partai Demokrat

Profil Anas Urbaningrum, Calon Ketua Umum Partai Demokrat

Kandidat ketua umum Partai Demokrat lain adalah Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam ini, dikenal sebagai figur yang cerdas dan berpenampilan kalem. Walau kalem, dalam berbagai forum ia bisa galak. Kolomnis sejumlah media dan Direktur Komunitas untuk Transformasi Sosial, ini juga piawai beretorika baik lisan maupun tulisan, suatu hal yang jarang ditemukan pada orang seusianya.


Sejak SD hingga perguruan tinggi, ia selalu juara. Mahasiswa Teladan dan lulusan terbaik Universitas Airlangga ini, juga dikenal aktif berorganisasi sejak SMP. Saat sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir, Blitar ia tercatat sebagai Sekretaris OSIS. Lalu menjadi Pengurus OSIS SMA Negeri Srengat, Blitar. Dari OSIS, Anas melangkah lebih jauh, memimpin organisasi kemahasiswaan berskala nasional: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Anas adalah Ketua Umum PB HMI periode 1997 1999.


Sebelum terpilih menjadi anggota KPU, Anas sempat pula berkantor di tempat yang sama tahun 1999. Sama seperti Andi Malarangeng, Putra Blitar ini juga menjadi anggota Tim Persiapan Pembentukan KPU sekaligus anggota Tim Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu, yang dikenal pula dengan sebutan Tim Sebelas. lelaki yang sering disapa Bung Anas ini, lahir di Blitar 15 Juli 1969. Setelah selesai mengikuti studi Sarjana Ilmu Politik Universitas Airlangga, 1992, Anas melanjutkan studi Magister Sains Ilmu Politik UI, 2000. Saat ini, ia sedang mengikuti Program Doktor Ilmu Politik di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.


Sejumlah jabatan dipegang Anas hingga saat ini, diantaranya Ketua DPP Partai Demokrat, ketua yayasan wakaf Paramadhina hingga menjadi Pimpinan Fraksi Partai Demokrat di DPR.


Saat ditanya oleh wartawan mengenai kemungkinan menang dalam kongres yang tinggal hitungan hari itu, anas dengan santun menyatakan dirinya tetap optimis. Sebaliknya ketika ditanya mengenai tindakan yang akan diambilnya jika ia kalah dalam kongres mendatang, laki-laki yang menapak karier politiknya dari bawah itu menjawab "kalau saya kalah, saya tidak akan keluar dari Demokrat. Saya akan mendukung ketua terpilih, dan saya tidak akan keluar dari Demokrat. Demokrat adalah partai pertama dan terakhir dalam hidup saya".

2 komentar:

  1. Bpk Anas waktu pemilu, sangat santun dan tidak mudah emosi dibandingkan lainnya!

    BalasHapus
  2. orang blitar di kos tukang pulang loh bang.....
    moga2 bapaknya ngga tukang pulang :D

    BalasHapus