Joseph Refo Sang Pembunuh Istri

"Joseph Refo Sang Pembunuh Istri", Joseph Refo salah seorang pejabat teras Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, disangka telah membunuh istrinya, Maria Reni Widowati (34), dengan kekerasan. Kini Joseph ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan, sedangkan jenazah istrinya dibawa ke RSCM untuk diotopsi.


Di tubuh korban memang terlihat luka lebam di beberapa titik, terutama di wajah. Menurut keterangan Bambang Prisambodo, kakak korban, yang ditemui di kamar jenazah RSCM, Sabtu (20/2), wajah dan kepala korban dipukul dengan laptop. Di bagian dada juga terdapat luka lebam.


Pemukulan itu terjadi hari Sabtu sekitar pukul 05.00. Setelah melihat istrinya tidak sadarkan diri, Joseph pun melarikan istrinya ke Rumah Sakit Pondok Indah. Namun, dokter mengatakan Reni sudah meninggal dunia. Reni diketahui meninggal pukul 07.20.


Setelah mengetahui istrinya meninggal, Joseph mengakui perbuatannya dan polisi pun dipanggil. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Selatan Komisaris Subandi yang dihubungi mengatakan, tersangka tidak melawan ketika ditangkap.


”Kasus ini sementara diduga sebagai kekerasan dalam rumah tangga yang mengakibatkan Reni tewas dengan luka di bagian kepala. Tersangka Joseph berada dalam keadaan sehat jasmani dan rohani,” kata Subandi.


Otopsi
Polisi masih menunggu hasil otopsi jenazah Reni di RSCM. Menurut Subandi, Joseph terlihat tertekan dan stres seusai membunuh istrinya. Tersangka kini masih ditahan di Polres Jakarta Selatan. Adapun dua anak Joseph diungsikan ke rumah orangtua Reni.


Rumah keluarga Joseph di Kompleks Deplu Jalan Deplu II No 1 RT 05 RW 03, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan, kini dalam keadaan sepi. Tetangga mengaku tidak mengetahui aktivitas sehari-hari di rumah besar itu, dan tersangka juga jarang bergaul dengan tetangga.


Bambang mengatakan belum mengetahui rencana pemakaman adiknya. Yang pasti, hari ini, Minggu, jenazah akan disemayamkan di rumah duka.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengakui, Joseph adalah pengurus PSSI. Kepastian itu diperolehnya setelah ia menjenguk tersangka di Polres Jaksel, Sabtu malam. ”Kami ikut prihatin dan empati pada masalah yang menimpa dia. PSSI tidak ikut campur tangan karena itu masalah pribadi. Untuk proses hukumnya, kami serahkan kepada aparat hukum,” kata Nugraha.


Dalam kepengurusan PSSI, Joseph Refo adalah salah satu dari 14 anggota Komite Eksekutif, komite yang berwenang mengambil keputusan-keputusan persepakbolaan di Tanah Air. Selain itu, ia juga menjabat ketua Komite Keuangan. Nugraha menyebutkan, PSSI masih menunggu proses hukum selanjutnya sebelum memutuskan status Joseph Refo di kepengurusan PSSI.


(source : kompas ARN/ONG/SAM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar