Gerhana Venus Ahad 16 Mei 2010

Peristiwa langka gerhana Venus Nanti sore katanya kita bisa melihat Gerhana Venus, planet yang disimbolkan dengan Dewi Cinta itu. Peristiwa Gerhana Venus ini cukup langka karena Gerhana Venus akan terjadi Ahad/Minggu 16 Mei 2010. Gerhana yang terjadi sekitar 40 menit dan bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang pukul 18.50 WIB, begitu kata seorang Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin

Ba’da (usai) Magrib, kata profesor riset ini, masyarakat bisa mengarahkan tatapannya ke langit bagian barat. Saat itu akan terlihat ‘bintang’ terang atau bintang kejora. Venus akan terlihat di atas bulan sabit.

Sekitar pukul 18.50 WIB, venus akan menghilang karena tertutup bulan yang disebut gerhana venus. Nanti setelah pukul 19.30 WIB, Venus akan muncul lagi di bawah bulan sabit. Semoga cuaca cerah

Hanya wilayah tertentu saja yang dapat menyaksikan, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Wilayah bagian barat yang dapat menyaksikan lengkap, Kalimantan dan Sulawesi hanya menyaksikan awalnya, okultasi atau gerhana Venus memang mirip gerhana Matahari saat Matahari tertutup bulan.

Setidaknya terdapat 61 kota yang bakal mengalami gerhana Venus ketika masa menghilang (dissapearance) dan 34 kota bakal menikmati ketika venus kembali terbit (appareance). Semoga kita semua bisa menyaksikan peristiwa langka ini. (Dikutip dari VivaNews.Com)

6 komentar:

  1. Wah...aku yang di Bali engga bisa menyaksikan Gerhana Venus dong?
    ya udah gpp sih, sebagai gantinya aku akan melihat sebutir telur ayam Ras ditaruh di atas kain berwarna hitam
    lihat aja hasil foto screen shotnya nanti
    gak kalah keren deh sama aslinya...
    hi hi

    BalasHapus
  2. Info yang sayang buat dilewatkan..
    Thanks For Shre Bli..

    Cieeeee.Cieeeee. Swwwwiiiiiitttt, Neng Itik selalu yang pertama, hehehe

    BalasHapus
  3. mendung..........................

    BalasHapus
  4. ngga kelihatan bang, mendung abis ujan lagi di malang

    BalasHapus
  5. gerhana venus merupakan lambang dari keberuntungan setiap orang yang melihat itu sendiri.

    BalasHapus
  6. waduh telat saya dapat informasinya nih.. pantesan kemarin pada nuis venus

    BalasHapus