Imane Boudlal Gugat Disneyland

Imane Boudlal, Seorang Muslimah Gugat Disneyland

Imane Boudlal seorang muslimah gugat Disneyland, pasalnya; Imane Boudlal adalah seorang karyawan yang bekerja sebagai penerima tamu restoran di Disneyland, California, diberhentikan karena mengenakan jilbab. Kini Imane Boudlal telah mengajukan keluhan kepada Equal Opportunity Commission (Komisi Persamaan Hak) di Amerika Serikat karena perlakuan diskriminatif itu.

Gugatan itu dilayangkan Imane Boudlal kepada Komisi Perlindungan Kesetaraan Kerja AS, Rabu 18 Agustus 2010 waktu setempat. Boudlal menilai bahwa restoran Storyteller's Cafe tempat dia bekerja telah bersikap diskriminatif kepada dirinya. Restoran itu merupakan bagian dari Hotel Disney's Grand California, yang berada di dalam kompleks taman hiburan terkemuka, Disneyland, di Kota Anaheim.

Sementara pihak Disneyland mengatakan tidak memiliki kebijakan yang diskriminatif. Disneyland pun membolehkan perempuan berusia 26 tahun tersebut untuk tetap bekerja sambil menggunakan jilbab, tetapi harus menjaga jarak dari konsumen. "Kami mencoba mengakomodir keinginannya dengan memberikan pekerjaan di balik layar tanpa bersentuhan langsung dengan pelanggan. Kami sempat memberinya beberapa pilihan, tetapi dia (Boudlal) mengambil pilihan tersebut dan memilih untuk pulang ke rumah," tandas juru bicara Disneyland Suzi Brown seperti dikutip Associated Press, Kamis (19/8/2010).

Perselisihan ini seolah melengkapi polemik di AS,, terkait kebebasan Muslim dalam menjalankan kepercayannya. Akhir-akhir ini, terjadi perdebatan panas di AS terkait dukungan kontroversial Presiden Obama mengenai hak-hak umat Islam untuk membangun masjid di dekat Ground Zero, tempat serangan teroris 9/11 yang meluluhlantakkan menara kembar World Trade Center.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar