Gunung Sinabung Meletus di Tanah Karo

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara meletus Minggu (29/8/10) dini hari sekitar pukul 00.15 WIB. Setelah meletus sekitar 410 tahun lalu, gunung ini tidak menunjukkan tanda-tanda aktif. Namun, kini gunung tersebut meletus kembali. Kepala Desa Sukanalu, Kecamatan Naman, Paten Sitepu, yang dihubungi Antara, Minggu, mengatakan bahwa api mulai keluar dari permukaan gunung Sinabung sekitar pukul 00.15 WIB. "Ini seperti kertas putih yang akan kita tulis sejarahnya bahwa tanggal 29 Agustus lembaran baru Gunung Sinabung tercatat. Gunung Sinabung meletus kembali sejak tahun 1.600," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Keseluruhan warga yang berada di sekitar kaki gunung Sinabung juga dilaporkan telah mengevakuasi diri ke arah kota Kabanjahe. Selain anggota keluarga, masyarakat juga dilaporkan berupaya membawa sebagian barang milik mereka untuk diamankan. Sebelumnya, masyarakat sekitar Gunung Sinabung tidak menduga gunung akan meletus karena mendapat informasi dari petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gunung tersebut masih dalam kondisi aman, namun tiba-tiba meledak, ujar Paten Sitepu.

Karena tidak aktif selama ratusan tahun, gunung yang berketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut itu digolongkan bertipe B. Contoh lain dari gunung tipe tersebut adalah Gunung Merbabu yang berdampingan dengan Gunung Merapi di Yogyakarta serta Gunung Sibayak di Sumut. Menurut Surono, gunung tipe B adalah gunung api yang tidak mempunyai karakter meletus secara magnetik. Berdasarkan prioritas ancaman, gunung tipe B tidak dipantau. Akan, tetapi ia membantah Gunung Sinabung lepas sama sekali dari pengamatan. "Kalau tipe B itu tidak dipantau, namun ada penyelidikan tidak rutin," katanya.

Sejak meletus pada pukul 00.10 tengah malam tadi, lanjut Surono, PVMBG mengubah tipe gunung tersebut menjadi tipe A dengan status awas. Gunung itu selanjutnya akan dipantau setiap hari selama 24 jam. Apakah akan terjadi letusan susulan? "Kami tidak bisa mengetahui seperti apa. Kami tidak mengenali sebelumnya bagaimana aktivitas Gunung Sinabung ini. Makanya kami kirim tim untuk mengetahui karakter gunung itu," tukas Surono. Untuk melihat foto-fotonya silakan klik link berikut ini --> Foto Eksklusif Meletusnya Gunung Sinabung

1 komentar:

  1. walaupun kejadiaan sudah lama, tapi menurut saya ada harta benda yang kena musibah hilang dan rusak. Untuk itu kita doakan semoga makin pulih kembali. Terima kasih

    BalasHapus