The Karate Kid: Han Wen Wen, Jaden Smith, Jackie Chan

Movie Review The Karate Kid: profil Han Wen Wen, Jaden Smith, Jackie Chan

Jackie Chan, Jade Smith dan Han Wen Wen adalah tiga tokoh yang punya porsi cukup banyak dalam film Karate Kid yang di sutradarai oleh Harald Zwart. Jackie Chan berperan sebagai Mr Han, yaitu tukang ledeng yang ternyata punya keahlian bermain Kung Fu. Sementara Jaden Smith sebagai Dre Parker, seorang anak lakilaki yang baru berumur 10 tahun yang terpaksa harus mengikuti ibunya tinggal di China, lantaran sang ibu Taraji P. Henson (Dre's mother) yang di gambarkan dalam film ini sebagai single mother, di pindah oleh perusahaanya ke China.

Ilmu Kung Fu yang sebenarnya mengandung banyak arti. Setidaknya itulah yang bisa disimpulkan setelah kita menyaksikan film The Kunfu Kid. Ada banyak hal yang ingin disampaikan oleh sang sutradara dalam film ini. Salah satunya bahwa Kung Fu bukan sekedar gerakan gedebak gedebuk yang mengandalkan otot, tapi ilmu yang sarat dengan makna kehidupan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dilihat dari simbol simbol yang diajarkan Mr Han saat memberikan pelajaan dasar Kung Fu pada Dre. Disiplin, kemauan yang tinggi dan selalu rendah hati pada semua orang.

Jika dilihat secara keseluruhan pembuatan film ini banyak di buat di China, bahkan hampir 90 persen pemainnya ini didominasi pemain China, namun bukan berarti bahasa yang digunakan di film ini menggunakan bahasa China. Justru disinilah keunikan dan kelucuan tercipta. Saat Dre yang baru saja menginjakkan kaki ke China, Dre dipaksa oleh ibunya yang super cerewet untuk mempraktekkan kemampuan bahasa China nya yang sangat minim pada seseorang, yang disangka ibunya orang China saat mereka berada dalam pesawat menuju china. Padahal orang tersebut ternyata bukan orang China


The Karate Kid: Han Wen Wen, Jaden Smith,
Judul Film: The Karate Kid
Jenis Film: Drama/Action
Pemain: Jaden Smith (Dre Parker),Jackie Chan (Mr. Han),Taraji P. Henson (Dre's mother), Han Wen Wen (Meiying),Yu Rong-Guang (Master Li)
Sutradara: Harald Zwart
Penulis: Christopher Murphey
Produser : Jerry Weintraub, Will Smith, Jada Pinkett Smith, James Lassiter
Produksi : Columbia Pictures
Rating LSF : Remaja (teenage)

Terus terang adegan yang cukup kocak itu sebagai prolog yang menyegarkan bagi penonton bahwa film ini tak hanya disuguhi dengan adegan baku hantam saja, tapi sisi humor nya tetap ada. Bisa jadi karena dalam film ini melibatkan aktor Jackie Chan yang memang terkenal kocak di hampir setiap film nya.

Tak hanya itu, sutradara juga sengaja menampilkan sisi eksotis negeri China ini. Setidaknya dengan diambilnya lokasi tembok China sebagai salah satu segment dalam film ini, hingga terkesan China adalah negara yang indah dan layak untuk dikunjungi.

Dengan pengemasan yang sangat manis pula, sutradara juga mampu memasukkan unsur mellow dalam film ini. Adegan dimana penonton digiring masuk dalam suasana hati Dre yang merasakan kesedihan yang amat sangat. Saat ia harus menghadapi geng "Cheng" yaitu sekelompok geng yang ada di sekolahnya yang semua anggotanya jago main Kung Fu. Bahkan beberapa kali Dre dihajar oleh Geng itu, karena ia bersahabat dengan Mei Ying salah seorang perempuan teman di sekolahnya yang mahir bermain biola. Sementara ibu Dre sibuk dengan pekerjaannya. Begitupun saat menggambarkan kesedihan kehidupan Mr Han. Semua dikemas dengan cara yang benar-benar menyentuh rasa.

Tapi justru dari sinilah Sutradara mempertemukan Dre dengan Mr Han, hingga akhir ia menjadi murid satu satunya Mr Han. Dengan ketekunan dan kemauanya yang tinggi untuk menguasai ilmu Kung Fu akhirnya Drew yang awalnya bukan siapa siapa menjadi seorang bocah yang tangguh dan mahir dalam bermain Kung Fu.

Harus diakui akting Jaden, kali ini patut dapat acungan jempol. Dan semakin pas saat ia berkolaborasi dengan Jackie Chan yang memang sudah tak asing lagi sebagai bintang terkemuka di China maupun Hollywood dengan beberapa filmnya antara lain Rush Hor, Shanghai Noon, The Tuxedo, the Forbidden Kingdom dan beberapa film lainnya yang hampir selalu masuk dalam jajaran box office. Sementara Jaden yang merupakan anak dari pasangan aktor Will Smith and Jada Pinkett Smith ini juga sudah beberapa kali membintangi beberapa film seperti The Pursuit of Happyness, The Day the Earth Stood Still. Tak hanya itu, di theme song film ini dengan judul Never Say Never yang di nyanyikan oleh Justine Bieber, Jaden juga ambil peran dalam video klipnya.

Yang pasti di film inilah Jaden mempertaruhkan kepiawaian dalam berakting karena di film ini pula kedua orangtuanya sang aktor Will Smith dan Jada Pinkett Smith menjadi produsernya.

7 komentar:

  1. pertamax!!!! judul film ini lucu, karena seharusnya judulnya "the Kungfu Kid" bukan "the Karate Kid"

    BalasHapus
  2. wah wah
    aku dulu paling demen nih film beginian
    tapi sekarang udah gak
    gak tau kapan sempet nontonnya
    ^-^
    milih nonton film dari efek2 dan aktris2 yang kompleks
    buat eksperimen cariidola baru
    ^-^

    mampir2 yah ^-^, salam

    BalasHapus
  3. yang jadi cheng siapa sih namanya??

    BalasHapus
  4. luv u Jacky...!!!
    luv u Jaden...!!!

    BalasHapus
  5. Judul film bukan masallah, ,
    yg penting film nya bener2 bguss.
    jaden smith i like . . .

    BalasHapus
  6. emank buah jatuh gak jauh dari pohonnya,.,.

    jaden emank keren top bnget bintangin perannya,.,.
    pokoknya film nee keren abis dah,.,

    gak bakalan nyesel nontonnya,.,

    BalasHapus
  7. yang jadi cheng spa namanya bray ?!™☺

    BalasHapus