PleaseRobMe.Com Twitter Sang Penyamun

Akhirnya saya menemukan situs (PleaseRobMe.Com) yang membuat jera para pengguna jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Apakah anda sudah tahu tentang PleaseRobMe.Com sebuah situs yang mengumpulkan update status anda di Twitter ataupun Facebook ? Situs ini dapat memperlihatkan tanpa sensor keberadaan anda dimanapun ketika anda memberi tahunya di media daring itu. Misalnya anda sedang bepergian entah kemana, apa itu berlibur? Shoping? ataupun sedang dikantor sementara itu rumah anda dalam keadaan kosong. Nah siap-siapa saja para perampok yang melek internet menyikat isi rumah anda.


PleaseRobMe.Com, Tips Aman di Facebook

Situs Please Rob Me ini sempat menuai protes keras di kalangan para pengguna internet. Pasalnya seperti yang saya sebutkan di paragraf pertama, situs tersebut menampilkan update terbaru para pengguna Twitter dan Facebook yang tengah meninggalkan rumah mereka. Kritik tajam dilayangkan para aktivis hak privasi kepada pendiri situs yang beralamat di PleaseRobMe.Com ini karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan perampok untuk melakukan aksinya, dan mencari 'mangsa' rumah-rumah yang sedang ditinggalkan penghuninya.


Malah Simon Davies sang Direktur Privacy International Campaign Group mengatakan pembuat Please Rob Me sangat tidak bertanggung jawab. Namun hal itu dibantah oleh tiga orang pendiri Please Rob Me, mereka adalah Frank Groeneveld, Boy Von Amstel, dan Charity Crimestoppers. Mereka mengungkapkan, tujuan dari membuat situs PleaseRobMe.Com itu justru untuk mengingatkan salah satu bahaya pemakaian situs jejaring sosial yang tengah marak.


Mereka memberikan contoh, aplikasi situs jejaring sosial dengan fungsi berbagi lokasi bernama Foursquare (http://foursquare.com/) misalnya, dapat memberitahukan dengan jelas lokasi keberadaan pengguna. Setelah saya cek situs Foursquare memang begitu adanya.


"Fungsi ini bisa saja menjadikan mereka sasaran empuk dari para perampok. Foursquare menampilkan pergerakan penggunanya. Keberadaan mereka dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan memasukkan nama kota atau username Twitter," terang Groeneveld mewakili kedua temannya.


Charity Crimestoppers menyebutkan situs mereka mengingatkan pengguna situs jejaring sosial untuk berhati-hati sebelum memposting informasi yang akan mereka bagi di internet. Saya sangat setuju dengan pendapat para pendiri PleaseRobMe.Com, ini adalah salah satu damfak negetif situs jejaring sosial dan mereka dapat memperingati anda dengan adanya PleaseRobMe.Com. Selain itu saya juga kurang suka dengan gaya anak muda di negeri ini yang mempunyai sifat publikasi diri yang berlebihan di internet dan ujung-ujungnya terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kasus anak dibawah umur di culik yang berawal perkenalan di Facebook dan tersebarnya Foto Telanjang Clara Adheline Supit di Facebook


Walau saya sepaham dengan apa yang dikatakan pendiri PleaseRobMe.Com tapi cuma kepala yang sama hitam, pendapat boleh saja berbeda, maka si Simon Davies sang Direktur Privacy International Campaign Group bersikukuh bahwa situs ini lebih berfungsi sebagai alat bantu bagi perampok ketimbang meningkatkan kewaspadaan dalam menggunakan situs jejaring sosial. Terakhir pagi ini waktu saya kunjungi situs Please Rob Me itu sepertinya sudah kurang aktif lagi, saya menemukan ini:


We are satisfied with the attention we've gotten for an issue that we deeply care about. If you're interested, you might like to read these articles:
On Locational Privacy, and How to Avoid Losing it Forever
Over-sharing and Location Awareness

Currently we're looking through the emails we've received regarding the future of the website. As soon as we've thought of a suitable way to continue, you'll find it right here.

We're not showing the Twitter messages anymore, as they no longer add anything. If you don't want your information to show up everywhere, don't over-share ;-)

NB: Janganlah terlalu berlebihan menggunakan fasilitas dari situs-situs jejaring sosial, apapun itu bentuknya, cukuplah sekedar saja, karena setiap yang berlebihan itu akan berdampafak buruk. Salam bertuah!

8 komentar:

  1. setuju bang...semenjak kenal dunia blogging, saya lebih asyik di sini..rasanya lebih bebas berekspresi meskipun fiturnya ga seheboh fb yang segala aktivitas terpublikasi..

    salam sehat,
    tfd

    BalasHapus
  2. Hehehe..banyak banget jejaring social. semakin banyak semakin ribet

    Semua yang serba terlalu emang engga bagus jadinya kan?

    BalasHapus
  3. terlalu sayang bolehkan tik?

    BalasHapus
  4. walah..salah komen nih..maaf ini blognya emo.. coba meluncur ke tkp juga tapi masih belum bisa..

    BalasHapus
  5. sweereemmm...

    Semoga ga ada yg ngisengin aku pake itu... (hahahha sapa gw??)

    btw, setuju sama pertanyaannya nietha "terlalu sayang boleh doong"

    BalasHapus
  6. ada ada aja itu situs

    maksudbaik tapi disalahgunakan gimana?

    tapi saya juga ga' pernah bilang saya ada di mana

    he he he masih aman

    BalasHapus
  7. mo ngerampok ayu aja aaaaaaaaaah

    BalasHapus
  8. ah...satria fu emang kren buat grebetin cewk2...
    tapi kecepatan nya kalah am RX-K 135 cc
    cma lawn 135 cc ger 5 kalah....di banding 150 cc and ger 6
    g mantap cui..

    BalasHapus