30 tahun PAC-MAN (1980-2010) dan Google

30 tahun PAC-MAN (1980-2010)

Telah 30 tahun sudah game PAC-MAN dan Google pun memperingatinya dengan cara menampilkan ilustrasi PAC-MAN di halaman depan Dewa mesin pencari itu. Bagaimana tidak PAC-MAN adalah sebuah game komputer bergenre arcade yang sangat melegenda. Untuk ukuran sekarang mungkin game ini terkesan sangat sederhana. Namun di era awal 80-an di mana game komputer saat itu masih sangat sederhana, Pac-Man merupakan salah satu game favorit. Rule-nya sangat sederhana yaitu berusaha mempertahankan PacMan tetap hidup dengan memakan item yang tersedia sebanyak-banyaknya dan terhindar dari hantu yang akan memakanya.


Silakan Anda lihat sendiri sekarang dan mainkan. Dan memang Google selalu membuat tampilan halaman depan spesial dalam rangka mengingat ulang tahun tokoh besar dunia atau peristiwa penting dunia. PAC-MAN lahir dari barisan dot matrix pada decade 80’an, Pac-man pada masa itu menjadi teman / sahabat bagi para video game maniac yang mungkin memainkannya setiap hari. Namco sebagai developer sekaligus publisher game ini mungkin tidak menyangka kalau charcter yang bisa di tiru oleh anak SD sekalipun mampu bertahan, dan bahkan berevolusi hingga hari ini.


Baru-baru ini, satu badan international “ guinnes book of world records gamer edition” memberikan apresiasi untuk Pac-man sebagai character video game paling popular sepanjang masa, bahkan pac man berhasil mengungguli Mario bross yang berada ke-2 setelah pac-man.


Pada tahun 2005, game Pac-man juga mendapatkan pengakuan dari lembaga pencatat record dunia ini, yaitu sebagai mesin video game koin yang paling banyak dimainkan oleh seluruh orang di dunia ini.


Kini di usia yang ke 30 tahun, Pac-Man mempunyai banyak varian yang telah dikembangkan untuk bermacam-macam platform mesin game. Bukan hanya tampil untuk memenuhi keinginan console user, atau Pc user, namun varian Pac-man juga telah ramai hadir di mobile game version.


Untuk gamer setia Indosat, mungkin tidak banyak koleksi pac-man di arena games, tapi bulan depan mungkin hampir semua varian pac-man dapat kita download secara resmi di handphone andalan gamers.

6 komentar:

  1. Gue suka Game Ini sejak Dlu,,, gue inget waktu pertama kali main Pacman di Nintendo kalo gak salah,,,

    BalasHapus
  2. tadi tak coba mainin. serasa kembali ke jaman dulu :D

    BalasHapus
  3. He..he.. lagi bahas tema yang sama. Tapi disini kayaknya lebih lengkap.
    Salam hangat selalu.

    BalasHapus
  4. hoho.. aku suka PacMan.. aku tau game ini sejak SD.. hmmm.. ^^

    BalasHapus
  5. hahaha ini game tahun 96 yg gw maenin !

    BalasHapus