Kuantan Cares Event Maret 2010

Komunitas Blogger Kuansing (Kuantan Singingi) mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya ke pada Kawan-kawan di komunitas peduli sungai kuantan, Kuantan Cares. Atas akan dilaksanakannya Kuantan Cares Event Maret 2010. Maka melalui postingan ini Kita, Komunitas Blogger Kuansing (Jalur Blogger) turut menyebarkan undangan dan mensukseskan Kuantan Cares Event Maret 2010 di dunia Maya. Berikut Undangan resmi Kuantan Cares Event Maret 2010:

About Kuantan Cares
Kuantan Cares Adalah sebuah komunitas di facebook didirikan oleh seorang Pemuda Kuansing bernama Wahyu Diputra. Berikut keterangannya : “Sebuah Kelompok yg concern terhadap upaya perlindungan sungai kuantan di kabupaten kuantansingingi. Rusaknya sungai kuantan akan berpengaruh buruk terhadap lingkungan sekitarnya dan tradisi pacu jalur, sebuah tradisi kompetisi dan kebudayaan masyarakat tempatan. karena itu pencegahan sebelum kerusakan sungai itu benar-benar terjadi harus dilakukan.” (Kuantan Cares)

Desain Logo Kuantan Cares yang menurut aku memiliki makna yang tinggi dimana ada 3 manusia yang memiliki warna berbeda, saling berpegangan tangan yang menandakan persatuan. Kemudian di dalam lingkaran itu terdapat air dan pohon, dimana keduanya saling ketergantungan. Secara umum logo ini memiliki makna dimana manusia yang memiliki peradaban, harus melindungi kedua unsur alam Air dan pohon.

Kuantan singingi yang terkenal dengan Even Pacu jalur, sebetulnya kesadaran akan pelestarian lingkungan inilah yang harus tercipta di masyarakat. Kenapa begitu?, karena tradisi rakyat Pacu jalur yang sudah menjadi agenda Nasional ini tidaklah akan terlepas dari Dua Unsur (Air Sungai kuantan, dan Pohon) yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Kuantan Singingi. Sungai Kuantan yang menjadi Arena Pacu Jalur adalah merupakan aset tak ternilai yang perlu di lestarikan. Sedangkan untuk menghidupkan tradisi Pacu Jalur sendiri juga tidak terlepas dari peran hutan yang terjaga, sehingga Kayu-kayu berkualitas untuk bahan pembuatan Jalur (Perahu) dapat dengan mudah dicari oleh masyarakat ketika membuat Jalur itu sendiri.

Talk Less Do More..
Slogan ini sebetulnya bukan hanya milik Class Mild, tetapi juga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah komunitas yang sadar lingkungan, tidak cukup dengan diskusi kosong semata, tetapi intinya harus melakukan sebuah tindakan yang mencerminkan kesadaran akan lingkungan. Sosialisasi kepada masyarakat misalnya untuk tidak membuang sampah ke sungai kuantan, melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang sifatnya memberi contoh dan menyemangati akan kesadaran masyarakat atas lingkungan sekitar. Alhamdulillah Kuantan Cares sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif boleh dibilang layak untuk mendapatkan applause tidak hanya dari petinggi-petinggi negeri Kuansing, tetapi juga dari seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu dalam postingan ini aku ikut berpartisipasi dalam mengundang seluruh lapisan masyarakat, atau bahkan saudara/i, Bapak / Ibu, dst.. yang merasa sadar dengan pelestarian lingkungan, dalam acara:

HARMONI UNTUK KUANTAN dan Harmonisasi Manusia, Pohon dan Air

Akan diadakan pada tanggal 20-21 Maret 2010, Juga diselingi dengan pemutaran Film Lingkungan Hidup, Parade Musik, dan Penanaman Pohon. Berlokasi di Taman Kota/Tugu Dayung/Arena Pacu Jalur Tepian Narosa Teluk Kuantan dan Lubuk Betung Pulau Aro.

Kuantan Cares Event Maret 2010, Harmoni Untuk Kuantan
Kuantan Cares Event Maret 2010, Harmoni Untuk Kuantan
Harmonisasi Manusia, Pohon dan Air
Harmonisasi Manusia, Pohon dan Air

Kami sangat mengharapkan kehadiran anda untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini, Semoga lahir sebuah usaha kolektif masyarakat kuantan singingi dalam memelihara dan melindungi sungai kuantan, mudah2 gerakan ini sukses dan bisa di teruskan di seluruh kec di kuansing, jadi dalam satu tahun ini kuantan cares akan lakukan penanaman setiap bulannya di seluruh tebing sungai kuantan yg terancam abrasi. Sehingga dalam 2 tahun kedepan seluruh tebing yg terancam abrasi telah ditanami pohon pelindung. Wahyu Diputra, pendiri Kuantan Cares.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar