Bujang Pekanbaru 2009 Bicara Nikah Muda

Bujang Pekanbaru 2009 Bicara Nikah Muda

AKU nggak pernah kepikiran nikah muda dari dulu. Karena, menurut aku, nikah muda itu bisa menghambat kreativitas di masa muda. Apalagi untuk zaman sekarang, kalo nggak sekolah tinggi-tinggi nggak bakalan bisa dianggap dan bekerja layak.


Dari pemikiran itu aku udah mem-black list yang namanya rencana nikah muda di dalam pikiranku sejak aku masih duduk di bangku SMA. Pokoknya kumau meraih mimpi-mimpiku dulu baru memikirkan pernikahan.Tapi ternyata nggak begitu dengan beberapa orang temenku. Di usia muda ternyata mereka telah merencanakan pernikahan. Aku pikir itu hanyalah rencana semasa SMA aja tapi ternyata bukan. Hal itu memang terjadi. Setamat sekolah aku mendengar kabar burung bahwa temenku memang telah menikah. Awalnya aku memang sedikit kurang percaya. Tapi setelah aku liat sendiri ternyata benar, temenku itu telah menikah di usia yang muda.


Yang membuat aku lebih kaget lagi, pernikahan yang terjadi di antara temenku itu bisa merubah sedikit pemikiran burukku tentang dampak dari nikah muda. Yang awalnya aku berpikiran bahwa nikah muda bisa menghambat kreativitas ternyata nggak. Itu semua dibuktikan oleh temenku itu.


Setelah menikah, dia dan pasangan membuka usaha yang berhubungan dengan kepandaiannya. Dan semua itu bisa menghidupi dia dan keluarganya. Dari situ sedikit pemikiranku bisa keluar dari dampak buruk nikah muda. Mungkin beda orang beda pemikiran. Dan nggak semua orang yang nikah muda itu menghambat kreativitas. Nyatanya, salah satu temenku itu bisa membuktikan kalo nikah mudanya malah menghasilkan dan nggak merepotkan orang tua lagi.


Sumber: Xpresi Riau Pos

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar