Ciri Ciri Blog Bedanya Dengan Website

Ciri-ciri blog yang biasa dikenal:

* Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
* Terdapat arsip untuk berita atau informasi baik baru maupun lama.
* Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
* Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
* Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll.

Lalu apa yang membedakan sebuah blog dengan website lainnya? Semua bisa kita lihat dari ciri-cirinya seperti berikut ini:
1. Tentang Penulis.

Dalam bahasa yang lain mungkin The Author, Tentang Saya, yang memberikan sedikit gambaran tentang pemilik blog tersebut. Beberapa memasang fotonya, atau bisa juga sifat-sifat pribadinya, alamat email dan sosial media lainnya mungkin juga di tambahkan di sini.

Blog biasanya dikelola secara perorangan, meskipun ada juga yang dikelola secara bersama oleh dua orang atau lebih sebagai adminnya.
2. Arsip Tulisan Berdasarkan Bulan.

Dikarenakan blog adalah sebuah online journal, sistem pengarsipannya pun sering kali didasarkan pada kapan tulisan tersebut dibuat. Tidak jarang, bahkan kita dengan mudah bisa melihat tanggal di bawah masing-masing Judul Tulisan.

Meskipun ada juga pengelompokan berdasarkan ‘Kategori Tulisan’, blogger juga menyusun tulisannya dari bulan satu ke bulan berikutnya. Dibelakangnya, diikuti sebuah angka yang mengindikasikan seberapa banyak tulisan yang dibuat dalam bulan yang bersangkutan.
3. Berbagai Macam Statistik.

Blogger sangat menyukai untuk mengetahui seberapa banyak pembaca blognya, dari mana saja mereka berasal, avatar orang-orang yang telah berkunjung, dan lain sebagainya. Banyak sekali tool yang mereka pasang untuk menunjukkan seberapa populer blognya bila dibandingkan dengan yang lainnya.

Am I right?
4. Interaktif.

Hampir semua blog memiliki kolom komentar dalam setiap tulisannya. Dan update tulisan juga dilakukan lebih intens dari pada website lainnya.

Blogger suka berinteraksi dengan blogger lain. Mereka saling membaca tulisan dan memberikan komentar. Seperti juga berbagai macam statistik yang dipasang di sidebarnya, blogger terobsesi untuk memiliki lebih banyak komentar dalam tulisannya.

Am I right, again?
5. Blogroll Link.

Siapa dari Anda yang tidak memiliki daftar nama teman-teman di sidebar atau halaman khusus di blog Anda?

Saya akan menunjukkan tangan jika ada pertanyaan seperti itu.

Tetapi pada umumnya blog, dapat dengan mudah kita kenali jika kita lihat deretan nama-nama berjajar pada sidebar mereka.

Menurut Anda, apa lagi ciri-ciri sebuah blog sehingga Anda dapat dengan mudah mengenalinya?

3 komentar:

  1. yes ,you're right^^
    ciri yg laennya apa ya? hmmmm...ada shoutmixnya hihihi

    BalasHapus
  2. Ada yang lapor, ini tulisan saya. Benar, kan?

    BalasHapus